Cara jitu wujudkan impian keuangan: goal, plan, aksi, reevaluasi…

Ingatlah!!
“Hidup penuh pilihan. Apapun yang kamu pilih hari ini akan menentukan masa depanmu. Pilihlah yang membuatmu jadi pribadi yang lebih baik”. #AAMQuotes

Nah, tinggal kamu maunya apa? Mau kemana kamu, ada pilihan. Ketika kamu mau melangkah, ada pilihan. Kamu mau menunda mengerjakan pekerjaan, itu juga pilihan. Ingatlah! Apapun pilihan yang kamu buat, akan ada akibatnya, baik atau buruk kamu mesti terima. Pilihlah mimpi terbaikmu dan wujudkan menjadi kenyataan. Lakukan dengan bijaksana. Ok.

Langkah awal yang mesti kamu kerjakan adalah membuat planning, perencanaan sesuai dengan goal, tujuan dan impian kamu. Rumuskan mimpimu dengan jelas. Tunjukkan keseriusan kamu itu melalui tindakan nyata. Nggak gampang khan!

Kerja keras dan usaha yang luar biasa adalah salah satu cara untuk mewujudkan rencana tersebut. “Pantang menyerah” adalah kata yang selalu terpatri dalam pikiranmu.  Ketika tujuan tidak tercapai, tidak sesuai dengan target yang diimpikan, evaluasi adalah pilihan utama kamu. Melakukan evaluasi dan analisa dimana dan dibagian mana yang tidak berjalan sesuai dengan rencana. Lalu, lakukan tindakan perbaikan dan reevaluasi, mengulangi, dan mengulanginya lagi. Sampai akhirnya impian kamu betul-betul menjadi suatu kenyataan.

Alasan klasik
Alasan klasik yang lumrah dan sangat lazim adalah menunda-nunda melakukan pekerjaan. Menunda mulai dari pekerjaan yang sangat sepele sampai menunda pekerjaan yang sangat rumit. Kata ntar, ntar dan ntar jadi sesuatu yang gampang diucapkan. Ketika sebuah bencana atau musibah menimpa kamu atau sesuatu yang tidak diduga-duga terjadi pada kamu, kamu gampang menjadi panik, dan gampang melakukan tindak diluar kontrol serta menghalalkan segala cara dalam menanganinya. Seolah-olah, cara itu sudah lumrah dan biasa.

Nah, menyangkut pengelolaan keuangan, kamu yang bekerja sebagai pegawai, buruh, karyawan  atau yang sejenis lainnya, seharusnya kamu mempunyai cara mengelola keuangan baik itu untuk kamu sendiri ataupun keluarga kamu. Sudah jelas bahwa gaji atau income yang kamu terima sering dirasakan tidak mencukupi kebutuhan hidup, namun godaan promosi barang dengan harga diskount setiap bulannya, tidak menyurutkan niat kamu buat membelinya.  Ini bentuk contoh dimana gaji yang diterima saban bulan selalu dirasakan kurang. Nggak pernahkah kefikir bagi kamu, bagaimana mencari jalan keluar mengatasi itu? Itu semua kembali ke kamu.

Cara yang paling ampuh atau jitu agar kamu bisa keluar dari masalah tersebut dan kalau kamu mau, adalah mulailah sekarang kamu membuat perencanaan keuangan untuk kamu dan keluarga kamu. Tinggalkan kebiasaan menunda-nunda membuat perencanaan keuangan, menunda berinvestasi dan lain-lain. Camkam bahwa “biaya mahal” adalah alasan klasik. Yang bertanya “biaya mahal”?  Mahal apanya? Kalau kamu tahunya  “perencanaan keuangan” itu hanya sebatas mendorong berinvestasi membeli “reksadana” atau adanya ajakan “menabungsaham” atau ngomongin “asuransi”, itu suatu bentuk kesalahan besar. Kalau kamu katakan semuanya hanya untuk mereka yang berduit, atau kamu katakan “kami tidak cukup uang”?  Lagi-lagi hanya alasan yang dicari-cari.

Tanyailah diri kamu sendiri. Orang kaya diluar sana tidak perlu diajarin perencanaan keuangan. Nggak berguna buat mereka. Yang membutuhkan perencanaan adalah kamu yang tidak kaya. Betul? Untuk itu, kamu mulai susunlah planning, gimana merubah mimpi kamu menjadi kenyataan. Berapapun income kamu, wujudkan mimpi kamu itu. Jadilah kamu menjadi diri kamu sendiri. Tak perlulah kamu meniru orang lain yang tidak pas untuk diri kamu.

Antara anggaran dan investasi.
Adalah sangat perlu kamu membuat suatu keseimbangan antara total uang yang kamu terima atau income, alokasi anggaran serta investasi yang kamu rencanakan. Kamu bisa  membuat planning yang menjadikan ke tiga komponen itu terhubung antara satu dengan yang lain. Anggaran mestinya disusun sesuai dengan income dan target uang  untuk investasi. Nah, sekiranya kamu menemui kesulitan dalam menyusunnya, sekarang ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah memanfaatkan fasilitas online. Banyak sekali website yang membahas trik-trik menyusun perencanaan keuangan dengan  fasilitas kalkulator gratis, sehingga bisa kamu pakai untuk memulai mengerjakannnya. Satu hal  yang perlu kamu waspadai adalah kamu harus hati-hati dengan misi terselubung mereka. Jangan kamu tergiring mengikuti program yang mungkin tidak kamu perlukan.

Memulai merencanakan keuangan
Jika kamu masih merasakan keragu-raguan, buanglah keragu-raguan itu dan bersegeralah bertindak. Ingatlah, menyusun perencanaan keuangan yang komprehensif harus melalui proses yang panjang. Agar kamu bisa membuatnya maka ditahap-tahap awal dapat kamu mulai lakukan dengan membagi-baginya menjadi bagian yang kecil-kecil seperti membuat perencanaan pengeluaran bulanan, perencanaan biaya pendidikan anak-anak, rencana membeli rumah dan lain-lain. Dengan cara demikian kamu akan bisa mengendalikan mana yang mungkin dikerjakan duluan. Setelah itu kamu kumpulkan semua informasi yang kamu miliki dan kamu buat keputuskan yang terbaik untuk  setiap rencana yang sudah menjadi keputusan kamu. Mulailah sekarang, dari yang sudah kamu miliki, tidak ada kata terlambat untuk memulai. Dan jangan lupa, berteman atau berkomunikasi dengan perencanaan keuangan merupakan salah satu cara terbaik dalam mendapatkan jawabannya, karena mereka, para perencana keuangan dengan ilmu dan pengalaman, mereka memiliki kelebihan “sense dan feeling” yang mungkin kamu tidak punyai. Sampai jumpa.

Salam dari
drausr08@yahoo.com

 

Advertisements

Perencana Keuangan Keluarga muda, yang selalu berjiwa muda .............

Tagged with:
Posted in Selayang planner keuangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

April 2016
M T W T F S S
« Mar   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Follow me on Twitter
%d bloggers like this: