Lebih dekat dengan UNIT LINK (1)

Sangat disayangkan sekali masih terdapat banyak masyarakat yang belum memahami atau minim pengetahuan apa itu  UNIT LINK, namun membeli atau mempunyai produk itu. Membeli tanpa mengerti apanya yang dibeli. Unit link itu merupakan suatu produk yang sangat bagus sehingga untuk memahaminya harus punya pengetahuan yang bagus pula alias tinggi.

Kita tahu bahwa ASURANSI adalah alat proteksi, melindungi diri, keluarga dan harta dari suatu kejadian yang tidak tahu pasti kapan terjadinya. Kematian, kecelakaan dan kebakaran, adalah contoh-contoh kejadian yang tidak pasti, sehingga dengan memiliki asuransi, pihak asuransi akan memberikan penggantian akibat yang ditimbulkan oleh kejadian tersebut sesuai dengan perjanjian sebelumnya.

Nah, Unit link merupakan produk perusahaan asuransi yang menggabungkan asuransi jiwa dengan investasi menjadi produk two-in-one. Asuransi pendidikan merupakan contoh unit link, dimana asuransi jiwa ditambahin investasi untuk mendanai pendidikan. Yang menarik pada produk ini adalah adanya imbal-balik, disamping jaminan asuransi, juga ada duit yang dikembalikan atau nggak hilang semua. Nah, statemen ada duit yang nggak hilang ini yang perlu dianalisa agar ketika memutuskan membeli unit link anda tidak menyesal nantinya.

Banyak artikel yang telah membahas unit link itu, tetapi yang menarik disini adalah adanya komplain  yang mengatakan “telah terjadi banyak komplain di media massa dari nasabah asuransi”. Mereka merasa dibohongi pihak asuransi dengan produk itu. Mereka mempersoalkan kenapa investasi nya tidak berkembang? Merasa tertipu. Nah, salahkah UNIT LINK?

Agar ada kesimpulan yang fair, kita cari tahu dan analisa akar permasalahnya, apa dan dimana salahnya sehingga bila ada, itu terjadinya pada siapa? Dengan demikian anda tidak asal nyalahin, ini salah kamu. Perhatikan klausal-klausal berikut ini.

  • Seperti disebutkan diatas bahwa Unit Link merupakan gabungan asuransi dengan investasi. Asuransi fungsinya sebagai proteksi, sedangkan investasi merupakan cara melipat-gandakan harta. Jelas kedua produk itu sangat berbeda. Pahamkan itu.
  • Calon nasabah kurang mengerti apa itu UNIT LINK atau agen yang menawarkannya tidak menjelaskan dengan benar karena mungkin agennya sendiri kurang memahami dengan benar apa Unit link itu. Ketahuilah bahwa Unit Link merupakan produk yang sangat advance, sehingga untuk mengertinya harus punya ilmu yang advance pula.
  • Fungsi utama asuransi jiwa yang sebenarnya adalah melindungi nilai ekonomis seseorang bila iyanya mengalami resiko kematian. Artinya pihak asuransi memberikan pengantian dengan  sejumlah uang kepada ahli waris yang disebut dengan UP (Uang pertanggungan)
  • Rider atau tumpangan dalam polis asuransi, seperti untuk kesehatan, kecelakaan, penyakit kritis, merupakan pilihan, bisa diambil atau tidak. Ketika mau memilih rider, pastikan terlebih dahulu yang mana yang dibutuhkan, karena setiap pilihan akan berpengaruh kebiaya yang harus dibayar setiap bulannya.
  • Tujuan anda berinvestasi adalah ingin mendapatkan hasil imbal atau return yang lebih besar sehingga akan menambah kekayaan. Nah, bisa dibayangkan bila berinvestasi dengan unit link dengan rider banyak, mungkinkah memperoleh hasil maksimal? Ketahuilah bahwa  pembiayaan komponen berikut ini diambil dari hasil investasi:
    • Biaya Akuisisi selama periode tahun 1 sampai ke-5. Bila terjadi break dikurun ini, maka ada kemungkinan dana yang anda setor tidak kembali alias hilang.
    • Cost of Insurance (COI). Biaya pengurusan asuransi jiwa yang besarnya tergantung UP. Biaya ini akan ada sampai usia 99 tahun
    • Cost of Riders (COR). Biaya tambahan rider. Semakin banyak rider semakin besar biayanya. Biaya rider mengikuti ketentuan batas usia proteksi rider-rider itu.
    • Biaya bulanan atau monthly fee yang menjadi beban selama kontrak masih berjalan.
  • Nah, bagaimana kepercayaan anda terhadap UNIT LINK?  Akankah iyanya bisa memberikan hasil investasi yang MAKSIMAL ketika anda mengetahui bahwa ada sedemikian banyak potongan biaya-biayanya?  Silahkan anda fikirkan. Alangkah baiknya sebelum terlanjur, mantapkan terlebih dahulu apa tujuan anda ikut unit link? Apakah untuk berinvestasi atau sebagai proteksi? Sekali lagi kalau mau berinvestasi, sebaiknya pilihlah produk investasi yang benar.
  • Begitu juga dengan asuransi sebagai alat PROTEKSI. Sebelum memilih maka hitung terlebih dahulu besar kebutuhan proteksi anda, besar UPnya? Semisal asuransi kesehatan, maka gunakan standar kamar Rumah Sakit yang anda inginkan, kemudian putuskan rider yang bagaimana yang anda perlukan. Pastikan semuanya itu betul-betul sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anda. Jika anda kurang mengetahuinya, anda bisa bertanya kepada yang ahli, yang mengetahui seluk-beluk tentang itu atau kepada perencana keuangan anda. Selamat buat ANDA. Nanti disambung lagi. Salam dari kami ICEO KeuanganKu.
Advertisements

Perencana Keuangan Keluarga muda, yang selalu berjiwa muda .............

Tagged with: , , , , , ,
Posted in Asuransi, Financial Planner, Financial planning, motivasi, Perencanaan Keuangan, Proteksi, Unit Link

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

October 2016
M T W T F S S
« Sep   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Follow me on Twitter
%d bloggers like this: