Seperti apakah PENSIUN nan nyaman itu (Bag-1)?

Tanpa mendahului takdir yang pasti screen-shot-2016-10-21-at-5-03-14-pmdatangnya dari Tuhan Yang Maha Kuasa, suka atau tidak suka kita semua bersepakat bahwa masa pensiun itu pasti datang. Mungkin ketemu 30 tahun lagi, 25 tahun lagi atau 5 tahun lagi. Semuanya sangat tergantung kepada usia saat ini. Nah, kita  coba cerita bekal itu atau dana pensiun itu, dana yang seujud-ujudnya akan digunakan untuk membiayai hidup nanti. Apakah dana itu telah ada dan cukup atau masih kurang atau anda belum menyiapkannya sama sekali? Mari cek kondisinya, apa sesungguhnya yang terjadi. Dengan demikian kita bisa berbuat, membuat plan dan merancang way out atau jalan keluar agar bisa mengusahakannnya.

Namun, sebelum mengutak-atik besaran dana yang dibutuhkan, terlebih dahulu kita lihat  definisinya “seperti apa yang dikatakan pensiun nan nyaman itu”. Kita definiskan bahwa pensiun nan nyaman itu artinya walaupun kita sudah pensiun, sudah bebas dari pekerjaan rutin dari kantor, tetapi kitanya masih tetap bisa jalan-jalan ke Luar Negeri (LN). Kalau sebelumnya jalan-jalan keluar negeri sering memanfaatkan fasilitas kantor, dimana acara jalan-jalannya kita barengkan dengan saat kita bertugas ke LN. Seterusnya, pensiun nan nyaman juga bukan berarti mengurangi atau membatasi hobby atau kesenangan, untuk anda yang biasa main golf tetap bisa main golf, atau anda yang senang hiking tetap bisa pergi hiking. Nah, ukur sendirilah diri anda, apakah sudah memenuhi kriteria tersebut atau belum?

Anda mungkin kurang sependapat dengan kriteria diatas, namun alangkah baiknya mencoba merenungkan maknanya daripada membantah tanpa memperoleh penyelesaian dan itu mungkin bisa membawa manfaat kelak. Coba lakukan telaah, semisal anda yang mempunyai dana pensiun dari kantor atau dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK), apakah anda yakin betul akan bisa pensiun dengan nyaman? Sadarkah anda bahwa dana tersebut hanya bisa memenuhi 20% dari total kebutuhan hidup anda nanti? Nah lho kok hanya 20%? Yang 80% lagi mau diambil dari mana? Bisa begitu ya? Kenyataanya, munculnya persentase hitungan diatas merupakan hasil analisa dari sebagian besar perencana keuangan. Merekalah yang selalu bilang bahwa dana pensiun dari kantor atau tempat kerja itu tidak cukup, harus menambahnya dengan menabung, berinvestasi dan seterusnya.

Berani bangat mereka bilang tidak cukup dana untuk pensiun nan enak? Sabar Bro and Sis! Coba kita telusuri alasan yang bisa membenarkan atau menolak penyataan itu. Kalaulah itu benar maka tentu manfaatnya juga buat kita. Kita jadi punya peluang mendapatkan jalan keluarnya. Namun jika salah, nggak perlulah kita risaukan. Biarkan saja lewat, toh nanti akan hilang sendirinya. Nah, perhatikanlah unsur-unsur berikut ini:

  • INFLASI. Ianya membuat biaya hidup naik 15% sampai 20% per tahun (bandingkan dengan angka inflasi BPS).
    • Bisa dibayangkan kalau pensiun 20 tahun lagi, jelas biaya hidup jadi luar biasa besar!
    • Kalau biaya hidup sekarang 10 juta per bulan, maka saat pensiun 25 tahun lagi bisa menjadi 53 juta per bulannya.
    • Bila sekarang 10 juta per bulan tentunya saat pensiun 10 tahun lagi biaya akan menjadi 28 juta per bulannya.
    • Nah, pensiun 25 tahun lagi, mestinya kita harus punya dana sebesar 30M dan bila 10 tahun lagi harus ada 7M. Suatu jumlah yang luar biasa besar.

Jadi, tidak ada cara lain yang bisa mengcounter atau melawan inflasi tersebut selain mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah pertama: hitung terlebih dahulu berapa besar dana pensiun yang dibutuhkan. Perhitungannya akan sangat tergantung dari:

  • Gaya hidup yang seperti apa nantinya yang diingikan ketika pensiun?
  • Mau tinggal dimana saat pensiun?
  • Berapa lama lagi mau pensiun?

Langkah selanjutnya: mengetahui teknik yang akan dipakai untuk mempersiapkan dana tersebut. Diantarnya:

  • Mulai fikirkan dana pensiun itu sejak mulai terima gaji pertama dan ini merupakan cara yang terbaik. Sebabnya, karena biaya yang harus dipersiapkan sangat besar.
  • Kalau masa pensiun kurang 5 tahun lagi atau usia anda telah 50 tahun keatas, maka tak ada pilihan selain harus menghitung ulang seberapa besar dana pensiun yang akan anda terima dari kantor atau DPLK, dan hitung juga semua aset yang telah anda punyai. Sekiranya terdapat kekurangan, kemungkinan besar anda harus menjadwal ulang pensiun atau menundanya, atau melakukan kompromi dengan anak-anak anda. Toh anak aset juga khan!!
  • Kalau pensiun masih lama, masih 25 tahun lagi atau10 tahun lagi, ini kesempatan yang sangat BAIK buat anda. Beinvestasilah! Semisal anda berinvestasi 500 ribu saja per bulan dan rutin dan disiplin dilakukan selama 25 tahun, potensi hasil yang akan diperoleh bisa lebih dari 30M. Suatu hasil yang luar biasa besarkan.
  • Namun, anda perlu ingat bahwa semua perolehan itu, akan sangat dipengaruhi oleh apa yang dikenal dengan sebutan risk profile atau profil resiko anda sendiri. Umumnya untuk anda yang masih muda, yang belum punya tangung jawab besar, kebanyakan berani mengambil resiko dan rata-rata berani berinvestasi pada instrument yang penuh dengan resiko.
  • Yang juga perlu diwaspadai adalah menghindar berinvestasi pada investasi bodong, investasi yang menjanjikan hasil yang tidak masuk akal.
  • Yang terakhir anda harus mempelajari caranya, belajar ilmu tentang cara berinvestasi dengan benar. Setiap model investasi mempunyai karakter tersendiri. Dan tidak lupa belajar mempraktekkannya. Segitu dulu ya. Selamat buat Anda. Salam dari kami ICEO KeuanganKu.
Advertisements

Perencana Keuangan Keluarga muda, yang selalu berjiwa muda .............

Tagged with: , , , , ,
Posted in Financial Planner, Financial planning, Pensiun, Perencanaan Keuangan, Reksadana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

October 2016
M T W T F S S
« Sep   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Follow me on Twitter
%d bloggers like this: