Mental kaya ala menabung saham ! (Part -3)

Screen Shot 2016-08-27 at 4.07.23 pmIndikator saham yang mesti anda ketahui
Kita lanjutkan tulisan sebelumnya mengenai ala jitu menabung saham (Untuk tulisan
sebelumnya part-1 klik disini dan part-2 disini). Mulai bagian ini akan kita cari-tahu indikator apa yang perlu diketahui sebelum action menabung saham.

Menabung saham itu ibaratnya seperti bercocok tanam. Pertama tentu kita harus mencari bibit yang akan ditanam. Bibitnya tentunya bibit unggul, yang tahan dari segala macam serangan hama penyakit. Bibit tersebut lalu kita semai. Nah, ketika bibit itu dalam persemaian, kita tidak mesti menengoknya setiap hari, menanti tumbuhnya? Tentu tidak kan! Dan dari cara itu kita bisa berharap akan mendapatkan hasil maksimal. Menabung saham, sepertinya tak jauh berbeda dengan bercocok tanam itu. Diawalnya tentu kita berusaha mencari saham-saham mana yang unggul, dengan harapan bila saham tersebut ditabung akan mendapatkan keuntungan besar dikemudian hari. Nggak salah apa yang dikatakan para jago investasi “belilah nilainya, bukan harganya”. Maksudnya jangan menabung saham berdasarkan harga yang tertera dilayar televisi/komputer dibursa, tapi lihatlah karater sahamnya.

Nah, cara melihat karakter saham tampaknya ada kemiripan dengan cara memilih reksadana. Langkah pertama adalah pilih saham tipe apa saja yang sreg mau ditabung. Secara psikologis pemilihan ini akan mempengaruhi keinginan berapa lamanya saham itu mau ditabung. Setelah itu, baru mempelajari indikator saham itu dari laporan tahunan perusahaan yang mengeluarkannya. Laporan tersebut bisa didapatkan secara gratis.

Indikator penting tersebut diantarnya:

1. Rasio pertumbuhan keuntungan (Revenue growth ratio)
Rasio ini bisa menjadi petunjuk dan alat untuk menilai seberapa cepat bisnis perusahaan tersebut berkembang atau tidak berkembang atau malah menyusut. Temukan nilai rasio itu dalam laporan tahunannya. Jangan lupa, perhatikan juga nilainya selama periode 5 tahun sebelumnya secara berturut-turut. Andaikan nilainya lebih besar dari 7% atau 10% selama 3 tahun berturut-turut maka sudah bisa mencadangkan akan menabung saham itu.tklm-1Rasio pertumbumbuhan perusahaan pada screenshot diatas (nama perusahaan dirahasiakan) terlihat positif (bertumbuh) selama periode dari 2012-2014. Itu artinya sahamnya bisa dicadangkan untuk ditabung.

2. Margin Laba Bersih (Net Profit Margin=NPM )
Rasio ini mengukur laba bersih perusahaan setelah dipotong biaya operasional, pajak, bunga dan dividend dibandingkan dengan volume penjualan. Nilai ini bisa dicari didalam laporan keuangan tahunannya. Lihat juga nilai NPM-nya selama periode 5 tahun sebelumnya, apakah lebih besar dari 15%. Nah, berapa target keuntungan yang anda inginkan saat anda mau nabung saham?tlkm-2Pada screenshot diatas untuk periode 2011-2014 bisa dilihat bahwa perusaan membukukan margin laba bersih NPM >20%. Saham-saham seperti inilah yang patut anda tabung.

Kita lanjutkan nanti unsur penting lainnya …… Salam investasi dari kami ICEO KeuanganKu.

Advertisements

Perencana Keuangan Keluarga muda, yang selalu berjiwa muda .............

Tagged with: , , , , , , ,
Posted in Financial Planner, Financial planning, Nabungsaham, Reksadana, Saham

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

October 2016
M T W T F S S
« Sep   Jan »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Follow me on Twitter
%d bloggers like this: